Tag

, , , , , , , ,

Tenaga Matahari berkembang menjadi salah satu pilihan yang memadai sebagai sumber tenaga bagi perahu elektrik. Pada dekade terakhir, kita dapat melihat perkembangan efisiensi dari motor perahu elektrik, battery Lithium-Ion dan efisiensi dari Solar Panel. Pada Tahun 20120, Turanor PlanetSolar, sebuah yacht yang ditenagai oleh 470 meter persegi solar panel, dibuat oleh LOMOcean Design, New Zealand, dan menjadi kendaraan berbasis tenaga matahari yang pertama mengelilingi bumi. Nama Turanor, berasal dari Novel J.R.R Tolkien “The Lord of the Rings”yang dapat diartikan menjadi “Tenaga Matahari”.

Dalam skala yang agak lebih kecil, perahu-perahu bertenaga matahari mulai tersedia di pasaran, dipicu oleh pengenalan battery Lithium-Ion yang digunakan di air. Battery ini biasanya digunakan untuk menyalakan peralatan elektronik yang kecil, tetapi sekarang telah tersedia Battery Li-ion untuk skala yang agak besar yang dapat digunakan untuk perahu. Battery Lithium memberikan tenaga empat kali lebih besar bila dihitung berdasarkan beratnya bila dibandingkan dengan battery konvensional (lead acid), gel atau AGM. Mereka juga lebih tahan tiga kali lebih lama dibandingkan battery konvensional dan lebih tahan terhadap guncangan dan cuaca yang ekstrem.

Dan melihat perkembangan penggunaan tenaga matahari sekarang ini, tidaklah tertutup kemungkinan semua kendaraan dan peralatan-peralatan dapat menggunakan sumber tenaga dari matahari.

Source : www.metaefficient.com

About these ads