Tag

, , , , , ,

Sekilas tentang Solar Panel

Sumber daya yang biasa digunakan sebagai sumber energi di bumi ini perlahan mulai menipis seperti minyak bumi, batubara dan gas alam. Selain itu penggunaan  sumber daya energi yang disebutkan di atas mengakibatkan polusi yang sangat tinggi sehingga menimbulkan pemanasan global. Dan yang membuat keadaan menjadi lebih parah adalah teknologi yang dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari sangat tergantung pada sumber-sumber energi tersebut.

Kesadaran akan hal ini mulai menumbuhkan minat akan sumber energi alternatif yang juga lebih ramah lingkungan, yaitu tenaga matahari, yang merupakan sumber energi yang tersedia bebas di alam dan tidak akan habis. Hal ini mulai ditunjukkan di negara-negara maju yang mulai memanfaatkan energi surya dan membangun PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) dengan skala yang besar, contohnya PLTS Lieberose 53 MW dan PLTS Seville Spanyol sebesar 11 MW.

Solar Panel

Energi surya sudah dikenal sejak dahulu kala, tetapi baru mulai dimanfaatkan pada abad ke-19. Seorang ahli fisika bernama Alexandre-Edmond Becquerel menemukan efek photovoltaic pada tahun 1839, kemudian dikembangkan lebih lanjut oleh Charles Fritts pada tahun 1883. Dan pada tahun 1888, ilmuwan fisika Aleksandr Stoletov membangun cell photoelectric.

Photovoltaic Cell yang modern dikembangkan di Laboratorium Bells oleh Daryl Chapin, Calvin Souther Fuller dan Gerald Pearson, dengan menggunakan silikon menggantikan sel sellenium.

Keunggulan Solar Panel :

  • Instalasi yang mudah
  • Tidak menggunakan sumber daya yang dapat habis
  • Tidak menimbulkan polusi
  • Untuk para pengguna rumah, dapat menghemat biaya pemakaian listrik
  • Perawatan yang mudah

Penggunaan solar panel dapat dikombinasikan dengan penggunaan lampu LED yang lebih sedikit mengkonsumsi energi, serta dapat digabungkan dengan tenaga angin.