Sebagai masyarakat Indonesia kita semua tentunya sangat mengetahui bagaimana kapasitas listrik dari Indonesia, yang bisa dilihat dengan banyaknya daerah yang belum mempunyai pasokan listrik dari PLN, listrik yang tidak murah sehingga biaya produksi juga meningkat, tidak stabilnya tegangan listrik dan adanya pemadaman bergilir.

Indonesia butuh PLTS berkapasitas 60 MWp/tahun

Pemerintah Indonesia mulai memperhatikan penggunaan energi terbarukan salah satunya adalah energi tenaga matahari. Dengan penggunaan solar panel maka masyarakat yang berada di pedalaman dapat menikmati listrik dan masyarakat yang sudah bisa mengakses listrik dari PLN dapat lebih menghemat penggunaan sumber energi yang tidak terbarukan seperti minyak bumi dan gas alam. Hal ini dibuktikan dengan didirikannya beberapa PLTS.

PLN Operasikan PLTS Terbesar di Indonesia

PLTS Morotai menggunakan sistem hybrid dengan daya 600 KWP mulai beroperasi di daerah Morotai merupakan PLTS terbesar yang dibangun oleh pemerintah. Sebelumnya, PLN berturut-turut baru saja mengoperasikan PLTS kapasitas 350 kWp di pulau Sebatik, Kalimantan Timur yang merupakan daerah perbatasan Indonesia dengan Malaysia serta PLTS kapasitas 100 kWp di pulau Miangas, Sulawesi Utara, yang merupakan pulau terdepan di utara Indonesia dan berbatasan dengan Philipina.